4 alasan Website Responsive dapat mengingkatkan penjualan anda!4 min read

Berdasarkan study dari Searchengineland, penggunaan Mobile device semacam smartphone dan tablet untuk mengakses website semakin meningkat jika dibandingkan dengan akses website melalui desktop atau laptop. Hal ini terjadi bukan hanya 1 – 2 negara saja, namun secara global termasuk Indonesia.

Jika tidak ingin kehilangan potensi pasar yang cukup besar ini, para pengembang / jasa pembuatan website dan pemilik website dituntut untuk bisa memberikan website dengan design yang lebih responsif sehingga mampu diakses melalui berbagai device dengan baik.

Ada beberapa cara yang bisa seorang pemilik website lakukan untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah dengan memisahkan website versi mobile secara khusus.

Namun, cara ini tentu saja akan cukup menghabiskan biaya dan juga tidak efisien.

Bayangkan, jika anda harus membangun 2 buah website yang berbeda, satu untuk mobile satu untuk desktop untuk tujuan yang sama!

Solusi yang paling efesien saat ini adalah dengan menggunakan atau membuat design web yang responsif.

Design yang responsif ini membantu pengguna website untuk bisa mendapatkan pengalaman berkunjung yang baik, tidak peduli device apapun yang mereka gunakan untuk mengakses website tersebut.

Artinya, website akan menyesuaikan bentuk & ukuran sesuai media aksesnya baik dari sisi ukuran layar, orientasi, dan platform yang digunakan oleh pengakses.

Bukan itu saja,  simak beberapa alasan lain berikut ini :

4 alasan lain kenapa Pembuatan website perlu memperhatikan tampilan responsif.

 

1.Penggunaan smartphone yang semakin meningkat

Sekitar 57 persen pengguna internet saat ini adalah pengguna multi screening. Artinya mereka menggunakan desktop atau laptop dan juga menggunakan smartphone. Dan seiring dengan semakin meningkatnya kepemilikan smartphone, pencarian Google melalui smartphone juga turut meningkat menjadi sekitar 20 persen pencarian.

Sekitar tahun 2014, penggunaan smartphone semakin menggeser penggunaan desktop atau laptop dalam melakukan pencarian atau mengakses website. Ada sekitar 58 persen orang yang memiliki smartphone. Dan 30 persen situs bisnis mendapatkan traffic pengunjungnya melalui smartphone. Jumlah ini tentu saja akan semakin meningkat seiring pertambahan tahun.

Itulah mengapa website yang responsive merupakan suatu keharusan saat ini!

Banyak pengguna internet yang lebih memilih untuk pindah ke website lain yang lebih mobile friendly daripada harus menghabiskan waktu menunggu loading sebuah website.

 

2.Google menyukai website yang responsif

Sebagai sumber organic traffic terbesar, kita perlu mengikuti apa maunya Google.

Sejak 2015 lalu Google telah memasukkan mobile friendly sebagai salah satu faktor untuk mendapatkan rangking Google, karena hal ini memudahkan pengguna.

Artinya, kalau anda ingin memiliki “nilai lebih” di mata Google anda harus mengikuti apa yang mereka jadikan patokan penilaian.

Semakin rendah posisi anda di Google, maka akan semakin sedikit pengunjung yang masuk ke website anda. Kondisi ini tentu saja akan membuat kemungkinan pembelanjaan di website anda menjadi semakin rendah pula.

 “Traffic pengunjung adalah nafas bisnis anda, tanpa pengunjung bisnis anda akan mati”

 

3.Efisiensi

Efisiensi adalah hal yang dibutuhkan semua orang, dan menciptakan dua varian website tentu saja bertentangan dengan itu J

Dalam menjalankan bisnis, anda dituntut untuk bisa melakukan tindakan dan mengambil strategi dengan seefisien mungkin. Dengan website yang responsive, anda hanya perlu berfokus pada satu buat website, namun dapat menjangkau semua pengguna, baik mobile maupun desktop.

 

4.Desain website yang responsive akan meningkatkan konversi

Jika website anda adalah website bisnis, ini point yang paling penting 🙂

Fakta dari Google, 61% pengguna meninggalkan website, karena tampilan / user interface yang tidak nyaman.

Dan sekitar 67% pengguna website memutuskan untuk melakukan pembelian setelah mereka merasa nyaman dengan website yang mereka kunjungi.

Salah satu alasannya adalah karena design web yang responsif. Penelitian lain menunjukkan bahwa sekitar 71% orang menggunakan smartphonenya untuk melakukan pencarian online akan produk yang mereka inginkan. Dan 27% melakukan pembelian dengan menggunakan smartphone mereka.

Pada umumnya, pengunjung website akan merasa nyaman saat melakukan browsing jika secara visual website tersebut memiliki tampilan yang menarik.

Berbicara tentang Mobile Marketing, kemudahan dalam navigasi, kecepatan akses, serta keseluruhan pengalaman pengguna saat berselancar di suatu website menjadi salah satu pertimbangan apakah website tersebut dapat dipercaya atau tidak, Yang Artinya akan mempengaruhi konversi pada website anda juga tentunya.

Itulah beberapa alasan mengapa anda perlu membuat website anda menjadi lebih responsif.

Selain beberapa cara diatas, ada beberapa tips tambahan yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan website anda. Yaitu dengan melakukan upgrade dari sisi tampilan seperti Redesign website untuk menyesuaikan selera trend tampilan saat ini , serta bugfix & patch keamanan.

melakukan pengetesan kecepatan akses website melalui Gtmetrix atau Google Page Speed Insight, serta melakukan fetch as Google, pada konten baru anda agar lebih cepat terindeks.

Tiga cara ini dapat membantu anda memastikan seberapa optimal website yang telah anda miliki dan meningkatkan konversi produk anda tentunya.

Kabar baiknya, Jasa pembuatan website Global Cyber Media memperhatikan berbagai aspek diatas untuk mendukung keberhasilan website anda!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *